SELAMAT DATANG di BAITUL MAL KABUPATEN ACEH SELATAN. Sekretariat Pengurusan Zakat, Infaq & Shadaqah ( ZIS ) Se - Kabupaten Aceh selatan

Rabu, 28 April 2010

INDONESIA HADIRI MUKTAMAR ZAKAT INTERNASIONAL DI BEIRUT

Berita Baznas

Persoalan zakat ternyata telah menjadi persoalan yang sangat serius, yang tidak bisa ditangani oleh masing-masing negara Islam secara individu, namun juga memerlukan adanya kerjasama pada tataran internasional. Dalam konteks inilah, Zakat House Kuwait bekerjasama dengan Badan Zakat Lebanon menggelar muktamar zakat internasional di Beirut pada tanggal 29-30 Maret 2010. Pada acara yang menurut rencana akan dibuka oleh PM Lebanon Saad Hariri tersebut, panitia penyelenggara telah mengundang 23 negara, termasuk Indonesia, untuk bersama-sama membahas perkembangan zakat kontemporer sekaligus membicarakan peluang kerjasama zakat internasional.

Terkait dengan hal tersebut, Menag Suryadharma Ali telah mewakilkan kepada Ketua BAZNAS KH Didin Hafidhuddin, yang didampingi Irfan Syauqi Beik (Staf Khusus Ketua BAZNAS), untuk menjadi delegasi resmi pemerintah pada konferensi tersebut. Didin akan menyampaikan makalah tentang pengalaman Indonesia di dalam mengelola zakat. Beberapa poin penting yang akan disampaikan antara lain, menurut Didin, adalah tentang perlunya meningkatkan sinergi antar negara di dalam mendayagunakan zakat. Keberhasilan beberapa negara di dalam mengelola zakat harus dijadikan sebagai model percontohan bagi negara-negara lain. Hingga saat ini, masing-masing negara memiliki model pengelolaan yang berbeda-beda.

Untuk Indonesia sendiri, Didin menyatakan bahwa pola pemberdayaan zakat dilakukan melalui program-program yang bersifat konsumtif dan produktif. Hasilnya menurut Didin, mengutip riset disertasi Beik (2010), program zakat di DKI Jakarta mampu mengurangi angka kemiskinan mustahik sebesar 16.97 persen. Didin berharap, dengan zakat yang dikelola dengan baik ini, kemiskinan di dunia Islam dapat diatasi.

Di sela-sela konferensi tersebut, Ketua BAZNAS juga mengadakan silaturahmi dengan masyarakat Indonesia di Beirut bertempat di Aula KBRI Beirut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik & saran

"Salam Pengurus Kantor Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan"